Profil FEB UMC

We are a team of 30 plumbing professionals with an experience of 20 years in domestic and commercial plumbing services.​

Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat Datang di FEB UMC

Sejak tahun 2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) tampil dengan wajah dan semangat baru untuk menghadirkan program pendidikan unggulan dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis. Pengembangan kurikulum dan perkuliahan di FEB UMC sejalan dengan komitmen kuat UMC untuk terus mendorong kemajuan yang berkelanjutan dengan tetap berpedoman pada standar kualitas pendidikan di tingkat nasional dan internasional, memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan, kebutuhan pengguna lulusan, serta dinamika lingkungan ekonomi dan bisnis di dunia.

FEB UMC menjadi pilihan tepat untuk membekali diri Anda sebagai lulusan pendidikan tinggi yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah, serta memiliki kompentensi yang unggul melalui keselarasan tiga dimensi yang pokok, yaitu heart (karakter), head (pengetahuan), dan hand (keterampilan).

Tantangan ke depan akan semakin kompleks. FEB UMC akan terus berupaya untuk memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan bangsa. Oleh sebab itu, kami berharap kolaborasi, sinergi, dan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan baik mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, alumni, orang tua mahasiswa, dan masyarakat luas.

Jadilah bagian dari wajah baru dan masa depan ekonomi dan bisnis. Raih masa depan gemilang di Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pendahuluan

Perkembangan teknologi membuat persaingan di dunia jasa layanan semakin tajam. Dalam menghadapi lingkungan yang semakin trubulen, organisasi perlu memiliki modal Sumberdaya Manusia yang kuat agar mampu terus menerus belajar secara cepat dan tepat, sehingga menghasilkan keluaran (kinerja) yang diharapkan oleh masuarakat. Dewasa ini, lingkungan jasa layanan pendidikan menuntut perguruan tinggi menganut open system yaitu suatu system yang mensyaratkan suatu perguruan tinggi senantiasa tanggap terhadap tuntutan dan keinginan para stekholdernya agar tumbuh, berkembang dan bertahan. Untuk menjawab tuntutan tersebut, perguruan tinggi perlu membuat rencana strategis yang tepat dan akurat.


Fakultas Ekonomi merupakan salah satu Fakultas dari Tujuh Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Cirebon yang didirikan pada tahun 2000 sesuai dengan Surat Keputusan No. 2039.D4.II/12/99 tanggal 24 Desember 1999. Lokasi Fakultas Ekonomi UMC berada dalam kawasan strategis, dan berada di wilayah CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan kuningan) serta daerah lainnya seperti Brebes, Tegal, Pekalongan. Pada tahun 2023 Fakultas Ekonomi berubah nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Cirebon berdasarkan Surat Keputusan Rektor UMC No. 046/2.a/UMC-SK.R/IX/2023.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Cirebon memiliki dua prodi, yaitu Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi. Prodi Manajemen memiliki akreditasi Baik Sekali berdasarkan Keputusan BAN-PT No.1333/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2021 dan memiliki 4 bidang peminatan, yaitu Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Manajemen Operasional. Kemudian, Prodi Akuntansi memiliki Akreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT No. 3986/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VII/2020.


Keberadaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Cirebon merupakan institusi sosial yang harus mampu berinteraksi dengan perubahan tersebut, sehingga dapat memposisikan dan mampu bersaing dengan derasnya perubahan lingkungan. Salah satu yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Cirebon adalah meningkatkan kualitas Sumberdaya Manusia. Untuk itu diperlukan rencana dan strategi yang baik oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Cirebon. Dimana rencana strategis ini tetap berpegang pada kondisi dan kemampuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Visi

“Menjadi Fakultas Yang Unggulan Dalam Mencetak Sarjana Ekonomi Yang Islami, Profesional dan Mandiri Dalam Pemecahan Masalah Ekonomi Nasional Pada Tahun 2025”

Misi​

Menyelenggarakan kurikulum Ekonomi yang Islami yang didukung oleh mata kuliah institusi
Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung perkembangan Iptek
Menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan yang berbasis Islami

Tujuan Fakultas

  • Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu Ekonomi dan teknologi sesuai dengan bidangnya serta memanfaatkannya bagi kemajuan Islam dalam peningkatan taraf hidup masyarakat.
  • Menjadi wadah pembinaan penelitian dan pengembangan Ilmu Ekonomi untuk memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan.
  • Terciptanya lulusan yang islami dan berjiwa enteurpernership.

Struktur Organisasi